Laman

Sejarah Mesin Jahit

Dalam artikel berjudul ‘A Brief History of the Sewing Machine’, Graham Forsdyke menyatakan bahwa mesin jahit adalah salah satu mesin yang paling penting yang pernah dirakit. Namun, seperti kebanyakan penemuan-penemuan, sejarah mesin jahit agak suram mengenai siapa yang benar-benar menciptakan mesin pertama. Sebenarnya rangkaian kejadian dan penemuan-penemuan yang kemudian berkembang menjadi salah satu tempat mesin yang paling populer digunakan. Perlu diketahui bahwa sebelum mesin jahit diciptakan semua pakaian, barang-barang dekorasi rumah dan bahkan karung gandum yang dijahit dengan tangan. Wow!

Seiring perjalanan waktu pada saat itu, pada 1755 di London, seorang imigran Jerman, Charles Weisenthal, mengeluarkan sebuah paten untuk sebuah jarum yang akan digunakan untuk menjahit mekanis. Namun, tidak pernah menyebutkan sebuah mesin untuk digunakan dengannya. Tahun 1790 pembuat lemari Inggris, Thomas Saint, mematenkan mesin yang menggunakan jarum penusuk yang membuat lubang di kulit yang mengarahkan jarum untuk menelusuri kulit itu. Tidak ada yang benar-benar yakin bahwa mesin tersebut pernah dibuat, Saint hanya mematenkan gagasan. Hal ini diketahui ketika sebuah upaya yang dilakukan di tahun 1880-an untuk membuat mesin dari gambar milik Saint, kemudian hasilnya, mesin tidak dapat bekerja tanpa banyak modifikasi.

Sekitar tahun 1810-an, di Jerman, seorang penemu bernama Balthasar Krems mengembangkan sebuah mesin untuk menjahit topi. Tidak ada tanggal pasti karena Krems tidak pernah mengajukan hak paten. Empat tahun kemudian, seorang penjahit Austria bernama Josef Madersperger menerima hak paten untuk serangkaian percobaan mesin yang dia mainkan. Dia masih bekerja pada penemuan tahun 1839, dibantu oleh hibah dari pemerintah, tapi ia gagal untuk mendapatkan semua elemen bisa kompak bekerja dalam satu mesin. Pada 1804 beberapa hak paten dikeluarkan lagi. Thomas Stone dan James Henderson dari Perancis menerima hak paten untuk sebuah mesin yang mencoba meniru jahitan tangan. Paten lain yang diberikan kepada Scott John Duncan untuk sebuah mesin bordir dengan menggunakan sejumlah jarum. Tidak ada yang diketahui mengenai nasib penemuan tersebut.
Amerika masuk ke dalam daftar pada tahun 1818 ketika seorang gerejawan Vermont bernama John Adams Doge, dengan pasangannya John Knowles, menghasilkan perangkat, yang walaupun membuat jahitan yang masuk akal, hanya bisa menjahit bahan yang sangat pendek sebelum penelitian intensif diperlukan.

Tahun 1830, pemerintah Perancis mendapatkan hak paten untuk Barthelemy Thimonnier yang menggunakan jarum berduri untuk mesin. Dalam waktu kurang dari 10 tahun setelah pemberian hak patennya, Thimonnier memiliki pabrik yang bekerja dengan 80 mesin, tetapi kemudian mengalami kesulitan dengan para penjahit Paris. Mereka takut jika mesin itu berhasil, mereka akan menggantikan para penjahit tangan, yang menyebabkan mereka bisa kehilangan pekerjaan. Pada suatu malam sekelompok penjahit menyerbu pabrik, menghancurkan setiap mesin dan menyebabkan Thimonnier melarikan diri agar selamat. Dengan pasangan baru ia mulai lagi, menghasilkan mesin yang jauh lebih baik, dan tampak mengatur untuk masuk ke produksi skala besar, tetapi para penjahit menyerang lagi. Saat Prancis dalam tekanan revolusi, Thimonnier mendapatkan bantuan dari aparat keamanan dan berhasil melarikan diri ke Inggris dengan membawa satu mesin yang dapat ia selamatkan. Dia menghasilkan mesin jahit praktis pertama, dia adalah manusia pertama yang menawarkan mesin untuk dijual secara komersial, dan berjalanlah pabrik garmen pertama. Untuk semua prestasinya, ia meninggal di rumah miskin pada tahun 1857. Tragis!

Seorang Amerika, Walter Hunt menciptakan mesin pertama yang mencoba untuk tidak meniru penjahit tangan pada 1833. Itu membuat sebuah jahitan kunci menggunakan dua gulungan benang dan dimasukkan ke sebuah mata jarum seperti yang digunakan saat ini. Sekali lagi itu tidak berhasil karena hanya bisa menghasilkan jahitan pendek dan lurus saja. Sembilan tahun kemudian seorang Amerika lain, John SE, menghasilkan mesin yang dapat bekerja di mana jarum bisa menelusuri sehelai kain sepenuhnya. Walaupun sebuah model sudah dibuat dan dipamerkan, dengan harapan dapat mengumpulkan modal untuk pembuatannya, namun tidak ada pendana keuangan yang berminat.

Mungkin semua hal-hal penting dari mesin modern datang bersamaan pada awal 1884 ketika seorang Inggris, John Fisher menciptakan sebuah mesin yang awalnya dirancang untuk produksi renda, tapi pada dasarnya adalah mesin jahit yang bekerja. Mungkin karena misfiling di kantor hak paten, penemuan ini tidak diperhatikan berkait argumen hukum yang panjang antara Singer dan Howe mengenai asal-usul mesin jahit. Kebanyakan orang Amerika akan setuju bahwa mesin jahit ditemukan oleh seorang petani Massachusetts Elias Howe, yang menyelesaikan proto-tipe pertama pada tahun 1894, hanya beberapa waktu setelah Fisher. Setahun kemudian dipatenkan dan Howe mulai mencoba menarik perhatian perdagangan jahitan penemuannya. Dia bahkan mengatur kompetisi antara mesin dan saluran pembuangan tangan terbaik di Amerika. Menang mesin tangan turun, tetapi dunia belum siap untuk menggantikan para penjahit tangan. Meskipun berbulan-bulan mendemonstrasikan, Howe tak pernah menghasilkan penjualan.

Putus asa dalam utang, Howe dikirim saudaranya Amasa ke Inggris bersama mesinnya dengan harapan bahwa ia akan mendapat banyak perhatian di sisi lain Atlantik. Amasa dapat menemukan hanya satu pendukung, pembuat korset bernama William Thomas, yang akhirnya membeli hak atas penemuan dan mengatur Elias untuk datang ke London untuk mengembangkan mesin. Keduanya gagal dalam kerjasama, masing-masing menuduh yang lain gagal untuk menghormati perjanjian, dan akhirnya Elias, bangkrut dan kembali ke Amerika. Setibanya di Amerika, ia menemukan bahwa mesin jahit akhirnya ditemukan dan sibuk diproduksi oleh puluhan pabrik, termasuk Singer. Semua yang tampaknya bermasalah dengan hak paten Howe.

Sebuah rangkaian panjang jas hukum bergulir dan baru selesai ketika perusahaan-perusahaan besar, termasuk Wheeler & Wilson dan Grover & Baker, bergabung bersama-sama, melindungi hak paten mereka dan bersatu untuk melindungi monopoli mereka.

Singer tidak dikenal sebagai penemu kemajuan mesin jahit, tapi ia pelopor taktik penjualan yang agresif.

Ceritanya memiliki sedikit happy ending. Baik Singer dan Howe berakhir dan menghabiskan hari-hari mereka sebagai multijutawan. Mesin jahit wanita membantu memberikan lebih banyak waktu untuk tugas-tugas dan kepentingan lain. Pakaian, tirai, kain furnitur, sepatu dan begitu banyak lebih praktis, kebutuhan sehari-hari tidak lagi mengambil hari dan minggu untuk menyelesaikan. Dunia telah menghasilkan sebuah perjalanan untuk industri mesin jahit, namun investasi yang rapi, dapat dimiliki oleh semua kelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar